kebetulan karena keseharian ku juga adalah dunia otomotif artinya aku juga anak bengkel, spesifkasi kerjanya yaitu mulai dari menambal ban , sampai pada servis motor segala merek, gak segala merek juga sih,heheh .. sebagian besar ada juga yang belum bisa aku tangani karena memang fokusku bukan di dunia bengkel.
di blog ini , aku akan berbagi berbagai pengalaman aku di dunia bengkel, namun untuk saat ini tak kasih baca dulu sedikit teori seputar otomotif, guna lebih dekat or PDKT dengan dunia otomotif itu sendiri. yakan..
![]() |
sumber: google image |
Teknik otomotif adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor, mobil, bis dan truk. Teknik otomotif menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik, keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia, biologi dan manajemen.
Cabang-cabang dari teknik otomotif meliputi :
- Perencanaan (product atau design)
- Pengembangan (development)
- Produksi (manufacturing)
- Perawatan (maintenance)
Di Indonesia saat ini cabang yang sangat berkembang adalah perawatan dan umumnya mengenai perawatan mobil dan sepeda motor.
Sistem dalam otomotif
Dalam teknik otomotif, menguasai sistem-sistem yang ada alat-alat transportasi darat merupakan suatu keharusan. Sistem tersebut terdiri beberapa sistem utama dan puluhan subsistem. Sistem tersebut dapat dikelompokkan :
1. Mesin (engine)
- Mesin pembakaran dalam (internal combustion engine).
- Sistem bahan bakar (fuel system).
* Tangki bahan bakar.
* Pompa bahan bakar.
* Karburator atau Sistem injeksi bahan bakar.
- Sistem pengapian (ignition system).
- Sistem pemasukan udara dalam ruang bakar (intake system).
- Sistem pembuangan udara hasil pembakaran (exhaust system).
- Sistem pendinginan (cooling system).
- Sistem pelumasan (lubricating system).
- Sistem keseimbangan roda (spooring balancing)
2. Pemindah daya (power train).
- Sistem transmisi (transmission system).
- Rangkaian penggerak (drive train).
* Transfer case (untuk penggerak 4 roda)
* Penggerak akhir (final drive)
* Roda (wheel)
3. Sistem kemudi (steering system).
4. Sistem suspensi (suspension system).
5. Sistem rem (brake system).
6. Bodi.
7. Sistem listrik (electrical system).
sumber: wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar